Selasa, 11 Oktober 2011

Contoh Laporan PPL

LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR


                                                           
SMA PESANTREN PUTRI YATAMA MANDIRI GOWA
BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS



Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di UPPL UNISMUH



AWALUDDIN
10535 1720 05



JURUSAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2008
LEMBAR PENGESAHAN

Beradasarkan pengamatan tentang kegiatan observasi dan orientasi dilanjutkan dengan PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN pada Sekolah SMP/ SMA PESANTREN YATAMA MANDIRI GOWA yang dilaksanakan sejak tanggal 13 Agustus sampai tanggal 10 November 2007 dengan ini:

            Nama               :  Awaluddin
            No. stb.            : 10535 1720 05
            Jurusan : Pendidikan Bahasa Inggris
            Fakultas           : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Benar – benar telah melaksanakan kegiatan observasi dan orientasi sesuai dengan petunjuk sebagai latihan, dan juga telah melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang ditugaskan dari PPL Universitas Muhammadiyah Makassar. 


  Makassar ,………November 2008

DOSEN PEMBIMBING                                            GURU PAMONG



ASDIANA FAUSIAH,  S.Pd                      AMAR MA’RUF, S.Pd, M.HUM
                                                                        NIP. 580 046 990


MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH PESANTREN PUTRI YATAMA MANDIRI




Dra. Hj. NURMIN KASIM, MPd.
                                         Nip.

PENILAIAN

            Berdasarkan pengamatan terhadap pengamatan observasi di sekolah terutama:
a.       Disiplin dalam menjalankan tugas.
b.      Kelancaran mahasiswa dalam melaksanakan tiap – tiap kegiatan sesuai petunjuk  Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
c.       Kuantitas dan kualitas hasil kegiatan yang ditulis dalam buku pencatatan ini, maka Dosen Pembimbing dan Guru Pamong memberikan nilai pada kegiatan ini, sebagai berikut :


Angka                                                                                     Huruf                                                 









    Makassar,……November 2008


DOSEN PEMBIMBING,                                         GURU PAMONG,



ASDIANA FAUSIAH, S.Pd                                   AMAR MA’RUF, S.Pd, M.HUM
                                                                        NIP. 580 046 990


MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH SMP/SMA PESANTREN PUTRI YATAMA MANDIRI GOWA



Dra.Hj. NURMIN KASIM, M.Pd
                                            Nip. 131 857 059S


KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah kami panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat – Nya jualah sehingga kami dapat menyusun laporan dalam bentuk yang sederhana. Laporan ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi setelah mengadakan PPL selama 2 bulan 3 minggu di SMA PESANTREN PUTRI YATAMA MANDIRI GOWA sebagai bahan laporan dari kegiatan tersebut kepada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
            Dalam penyelesaian laporan ini penulis banyak menemui kesulitan dan hambatan namun berkat ketekunan dan kesabaran yang disertai doa kepada Allah SWT, kesulitan dan hambatan ini dapat teratasi. Dalam penulisan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan, oleh karena itu kritikan dan bimbingan yang sifatnya membangun, kami sangat harapkan demi penyempurnaan dan kelengkapan laporan ini.
            Dalam hal ini, penyusun menyadari sepenuhnya, bahwa dalam  penyusunan laporan ini, tidak terlepas dari uluran tangan dan bimbingan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terima kasih yang setulus – tulusnya kepada Ibu dosen pembimbing dan Guru Pamong, atas jasa – jasanya membimbing kami. Olehnya itu, kami selaku mahasiswa / mahasiswi PPL di SMP – SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri menghaturkan terima kasih yang sedalam dalamnya serta penghargaan yang tidak ternilai kepada:

  1. Dra. Hj. Nurmin Kasim, M.Pd. Kepala Sekolah SMP – SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri, yang telah menerima kami dalam melaksanakan observasi dan praktek pengalaman kerja lapangan.
  2. Sulfasyah, S.Pd., MA sebagai Ketua Jurusan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar.
  3. Asdiana Fausiah, S.Pd,. Sebagai Dosen Pembimbing yang dengan senang hati memberikan motivasi dan bimbingan kepada kami.
  4. Amar Ma’ruf, S.Pd. M.Hum sebagai Guru Pamong yang telah meluangkan waktunya dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada kami.
  5. Bapak dan Ibu guru serta Staf Tata Usaha SMP – SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri dengan senang hati menerima dan membantu kami dalam kegiatan observasi dan orientasi ini.
  6. Semua Siswi SMP – SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri yang telah menbantu kami dan aktif dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar.

Namun kami menyadari bahwa apapun yang kami laksanakan tidak luput dari kekurangan, olehnya itu kami menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun guna penyempurnaan laporan yang selanjutnya.
            Demikian Laporan Observasi dan Orientasi ini kami buat, semoga Allah SWT selalu mencurahkan rahmat dan karuni-Nya kepada hamba-Nya dan semua amal bakti kita dapat bernilai ibadah di sisi-Nya.

Amin Ya Rabbil Alamin

Billahi Fiisabilil Haq Fastabiqul Khaerat





                                                                                       Makassar, 25 Desember 2008
                                                                         Penulis,

                                                                                         
                                                                                 AWALUDDIN
                                                                                             Nim: 10535 1720 05

           

KEGIATAN OBSERVASI – OBSERVASI
DI SEKOLAH LATIHAN

A. Jenis Kegiatan
      Kegiatan observasi di sekolah dalam rangka praktek ini adalah sebagai berikut;
1.      Berkenalan dengan Kepala Sekolah, Guru Pamong, Guru – guru dan para Staf sekolah lainnya.
2.      Mengenali sekolah, Gedung sekolah, ruangan – ruangan (Ruangan kelas, Ruang tata usaha, dll) dan fasilitas lainnya.
3.      Menanyakan kepada guru pamong tentang tugas – tugas seorang guru disekolah, tata tertib sekolah, baik tata tertib untuk guru/staf sekolah lainnya, tata tertib untuk siswa maupun tata tertib untuk mahasisiwa calon guru yang sedang praktek.
4.      Berkenalan dengan siswa – siswa dan menulis nama – nama terutama siswa – siswa di kelas dimana calon akan praktek.
5.      Mempelajari dan mencatat model persiapan pengajar guru pamong.
6.      Mengobservasi pelaksanaan mengajar Guru Pamong dan mencatat :
a.       Cara mengajar/metode mengajar
b.      Cara guru mengelola kelas
c.       Dll.
7.      Merencanakan kegiatan paraktek lapangan selanjutnya yang meliputi :
a.       Tugas mengajar di kelas 8 kali, termasuk 1 kali tes sumatif dan 1 kali ujian praktek mengajar.
b.      Kegiatan non-teaching (administrasi dan pengelolaan sekolah)
8.      Menyampaikan hasil observasi dan orientasi ini kepada guru pamong dan tutor untuk ditandatangani dan diri nilai.
B.     Waktu Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 minggu (6 hari kerja)


C.  Pembimbing
1.      Dosen Pembimbing mengantar Mahasiswa asuhannya ke sekolah, dan memperkenalkan mereka kepada Kepala Sekolah dan Guru Pamong serta menjelaskan tugas – tugas yang akan dikerjakan.
2.      Pelaksanaan kegiatan selanjutnya dikoordinasikan oleh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing.




KEGIATAN I
      Berkenalan dengan pimpinan sekolah, Guru Pamong, guru – guru lain dan staf tata usaha sekolah.
DAFTAR NAMA GURU DAN TENAGA ADMINISTRASI
SMP/ SMA PESANTREN PUTRI YATAMA MANDIRI GOWA
TAHUN AJARAN 2007/2008

1. Nama Kepala Sekolah
NO.
NAMA
JABATAN
ALAMAT RUMAH
1.
Dra. Hj. Nurmin Kasim, M.Pd
Kepala Sekolah

2.
Abd. Rahim, S.Pd
Wakil Kepala Sekolah SMA

3.
Nurkholis, S.Pd
Wakil Kepala Sekolah SMP


2. Nama Guru Pamong dan Guru – guru lain
No.
NAMA
JABATAN
ALAMAT RUMAH
1.
Amar ma’ruf, M.Hum
Guru Bahasa Inggris

2.
Anwar, S.Pd.i
Guru Ummul Qur’an/ Tafsir

3.
Yuliani, S.Ag
Guru Bhs Arab

4.
Halijah, S.Ag
Guru Pend. Agama

5.
Harisah, M.Pd.i
Guru Sejarah

6.
Ratnawati, S.Si
Guru Geografi

7.
Drs. Syahruddin
Guru Ekonomi

8.
Hj. Haerati, S.Sos
Guru PPKN

9.
   Arifin, S.Si, S. Pdi
Guru Tafsir

10.
Bungamawar, S.Pd
Guru Seni

11.
Hasniati, S.Ag
Guru Insya

12.
Abd. Kadir
Guru Bhs. Indonesia

13.
Hasiah, S.Pd
Guru Bhs. Indonesia

14.
Mustiha, S.Pd
Guru Kimia

15.
Asrawati
Guru Bhs Inggris

16.
Marham
Guru Matematika

17.
Hasnawiyah, S.Pd
Guru Kimia

18.
Syarifuddin Munir, S.Pd
Guru Biologi

 19.
Amri, S.Pd
Guru Matematika

 20.
Sunardi, S.Pd
Guru Tik

 21.
Azikin Nur
Guru Penjas






3.   Nama Staf Tata Usaha
No.
NAMA
JABATAN
ALAMAT
1.
Nuralam B, S.Ag
Bendahara

2.
Yuliani Rudini
Kepala TU


4.  
 
Kesan Saudara dalam perkenalan ini
                        Akrab sekali
                        Biasa-biasa saja
                        Kurang akrab dan kurang menyenangkan
  1. Kami disambut dengan baik oleh kepala sekolah beserta seluruh staf pengajar dan tata usaha SMP/SMU PESANTREN PUTRI YATAMA MANDIRI.
  2. Sangat menyenangkan dan merupakan kebanggan bagi kami bisa berkenalan dengan kepala sekolah beserta seluruh staf pengajar dan tata usaha SMP/SMU PESANTREN PUTRI YATAMA MANDIRI.
5.   Manfaat yang dapat saudara peroleh dengan perkenalan ini adalah:
            Dengan perkenalan ini saya bias mengenal seluruh guru – guru dan staf sekolah lainnya yang sebelumnya saya tidak mengenal mereka semua serta siswa dan siswi yang ada di SMP/ SMA PESANTREN PUTRI YATAMA MANDIRI GOWA.
KEGIATAN II

Mengenal lokasi sekolah, gedung sekolah, ruang kelas dan fasilitas lainnya.
1.      Nama dan Lokasi Sekolah
Nama Sekolah              : SMP/ SMA PESANTREN PUTRI YATAMA                                                 MANDIRI GOWA.
Letak Sekolah              : Kompleks Perumahan Restika Indah
Alamat Sekolah            : Jl. Baso Dg. Ngawing (BTN Restika Indah A1/1   Kel.Tetebatu Pallangga Kabupaten Gowa).

2.      Gedung / Bangunan Sekolah
No.
Jenis, Ruangan, Gedung, dll
Luas
Keterangan
1.
Ruangan kelas untuk belajar
9 X 15

2.
Ruangan tata Usaha
4X 4

3.
Ruangan Kepala Sekolah dan Wakil
3 X 5

4.
Ruangan Konselor
-

5.
Ruangan untuk Guru – Guru
7 X 9

6.
Aula Olah Raga
-

7.
WC / kamar kecil
4 X 3

8.
Gudang
4 X 3

9.
Aula atau ruangan pertemuan
-

10.
Halaman sekolah
10 X 15
1500 M2
11.
Ruangan perpustakaan
15 X 8

12
Laboratorium
15 X 8

13.
Mushollah
8 X 12

14.
Perpustakaan
15 X 9

15.
Ruangan Osis dan Pramuka
4 X 8



3.      Kesan saudara terhadap kondisi gedung, kelas dan ruangan lainnya :

                  Sangat memadai untuk berlangsungnya proses belajar mengajar

           
          Cukup memadai untuk berlangsungnya proses belajar mengajar

           
                     Kurang memadai untuk berlangsungnya proses belajar mengajar

1.       Kondisi gedung SMP/SMU YATAMA MANDIRI cukup memadai untuk melaksanakan semua aktivitas kurikuler dan ekstra kurikuler.
2.       Ruang kelas sudah memadai untuk berlangsungnya proses belajar mengajar.

4.      Manfaat apa yang saudara peroleh dengan kegiatan pengenalan gedung dan  fasilitas sekolah ini?
a.       Mengetahui dengan jelas lokasi PPL
b.      Mengetahui gedung sekolah tempat PPL sehingga mempermudah dalam melaksanakan tugas
c.       Mengetahui sarana dan prasarana sekolah sehingga memperlancar pelaksanaan PPL

     






KEGIATAN III

            Mempelajari tugas – tugas guru di sekolah, tata tertib sekolah baik untuk guru maupun siswa.
1.  Tugas Kepala Sekolah
  1. Bertanggung jawab kedalam dan keluar kelas seluruh lingkungan sekolah.
  2. Merencanakan kerja sekolah (bulan, catur wulan, dan tahunan), RIPS, RAPBS dan sebagainya.
3.    Memelihara dan mengembangkan struktur organisasi dan manajemen sekolah.
4.    Merencanakan dan membina pengembangan profesi, karir guru dan stsf.
5.    Mengevaluasi pelaksanaan program kerja sekolah.
6.    Membuat DP3.
7.    Membina penyelengaran administrasi sekolah di bidang keuangan, kesiswaan, perlengkapan dan kurikulum.
8.    Membina dan mengawasi pelaksanaan kurikulum dan sistem ganda.
9.    Membina kegiatan UAN/UAS, PMB, Tes Kurikulum, Uji Profesi, Tes Sumatif.
10.Melaksanakan PBM sesuai ketentuan yang berlaku.
11.Merencanakan pengembangan sarana dan prasarana sekolah.
12.Dll. 

2.  Tugas – tugas guru di sekolah
            Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah, serta mempunyai tugas    melaksanakan kegiatan belajar secara efektif dan efisien. Tugas dan tanggung jawab guru meliputi:
  1. Membuat perangkat program pengajaran
b.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran
  1. Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ukangan harian, ulangan umum, dan ujian akhir sekolah
  2. Melaksanakan analisis hasil ulangan
  3. Menyusun melaksanakan program kerja perbaikan dan pengayaan
  4. Mengisi daftar nilai siswa
  5. Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
  6. Mengati tingkah laku siswa Selma proses belajar mengajar berlangsung
  7. Memperhatikan kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum sebelum penyajian pelajaran dimulai
  8. Membuat laporan ketidak hadiran siswa setiap bulan yang sudah berjalan kepada wali kelas.
  9. Mengikuti pengembangan dan pemasyaratan kurikulum
  10. Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
  11. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
  12. Senantiasa mengadakan koordinasi dalam rangka peningkatan proses belajar mengajar
  13. Menumbuh kembangkan sikap saling menghargai
  14. Bertanggung jawab kepada kepala sekolah
3.  Tugas Tata Usaha
a.  Bertanggung jawab secara umum atas pelayanan administrasi
b.  Meneliti surat-surat masuk dan keluar
c.  Mengkoordinir dan membimbing pelaksanaan tugas staf Tata Usaha
d. Membantu Kepala sekolah, Wakasek dan urusan kedalam mengatur kesiswaan peralatan keuangan dan surat  
4.  Tata Tertib Sekolah
2.1. Tata tertib Guru
a.   Tugas dan Kewajiban selaku pengajar.
1.       Menyusun persiapan mengajar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2.       Menandatangani daftar kehadiran pada saat setiap hari kerja, apabila tidak hadir harus menyampaikan surat izin yang syah dan memberikan tugas/soal bagi yang seharusnya mendapat pelajaran.
3.       Sepuluh menit sebelum pelajaran dimulai guru harus sudah hadir di sekolah.
4.       Memimpin doa pada awal pelajaran dimulai dan memimpin doa setelah jam terakhir.
5.       Melaksanakan PBM sesuai dengan jadwal
6.       Melaksanakan belajar tuntas.
7.       Melaksanakan evaluasi PBM sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
8.       Merencanakan dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan.
9.       Ikut bertanggung jawab atas ketertiban sekolah, baik di dalam maupun di luar jam pelajaran.
10     Mencintai anak didik dengan selalu berusaha menjadi dirinya sebagai teladan yang baik bagi anak didik.
11.   Berupaya meningkatkan kemampuan propesionalisme sesuai dengan perkembangan iptek.
12.   Selalu memelihara semangat Korps dan meningkatkan rasa kekeluargaan sesama guru dan pegawai lainnya.
13.   Sikap terbuka dan menjalin hubungan baik dengan atasan.
14.   Bertanggung jawab dan berpartisipasi aktif dalam melaksanakan program sekolah.
15.   Memiliki budi pekerti yang baik.


2.2.Tata Tertib Siswa
v     Akan belajar dengan tekun dan penuh semangat
v     Akan menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, dan sekolah
v     Sanggup menaati dan memenuhi semua peraturan dan tata tertib sekolah
v     Sanggup menerima sanksi :
a.       Tidak diperkenankan mengikuti pelajaran selama jangka waktu tertentu
b.      Dikeluarakan dari sekolah apabila tidak mentaati ketentuan orang tua
2.3.Tata Tertib Mahasiswa PPL
Dalam melaksanakan Kegiatan Program Pengalaman (PPL), Mahasiswa calon guru mempedomani tata tertib berikut:
v     Mengenakan pakaian yang sopan dan rapi serta dasi dan sepatu, bagi wanita berpakaian muslimah
v     Mengatur rambut dan menghias diri sesuai dengan sekolah tempat PPL
v     Sebelum tugas – tugas latihan, semua pelajaran sudah diperiksa dan ditanda tangani oleh guru pamong dan dosen pembimbing
v     Hadir di sekolah paling lambat 15 menit sebelum mengajar
v     Mengisi daftar hadir yang disediakan di sekolah atau ole pengelola prgaram PPL
v     Membiasakan diri memberikan hormat/salam kepada kepala sekolah, guru pamong, guru – guru tenaga Bantu lainnya di sekolah tempat latihan
v     Menyapa para murid dengan sapaan adik – adik
v     Mengikuti petunjuk – petunjuk guru pamong, kepala sekolah, dan tutor dalam melaksanakan tugas - tugas latihan
v     Berusaha agar pergaulan dengan rekan – rekan mahasiswa dan murid – murid di sekolah berada dalam batas – batas sopan santun. Hendaknya tidak menganggap diri atau memberi kesan lebih pandai dari guru pamong
v     Hendaknya menghindari mengancam guru pamong, tetapi sebaiknya bertanya kepadanya mengapa melakukan hal yang demikian
v     Memahami dan menggunakan bahasa baik  dan benar dalam memberikan pelajaran di kelas, komunikasi dengan siapa saja di luar kelas
v     Berusaha tidak menyinngung perasaan staf sekolah, dan murid – murid baik ucapan maupun tindakan atau tingkah laku
v     Berusaha menunjukkan kegembiraan, ramah, simpatik dan menerima murid – murid sebagaimana adanya ketika latihan mengajar dalam mengajar
v     Berusaha bergaul dengan guru pamong, kepala sekolah, dan tenaga Bantu lainnya secara kekeluargaan
v     Dalam melakukan kegiatan di sekolah, berusaha menghindari menghukum muri yang lalai atau melanggar tata tertib
v     Berusaha untuk tidak merokok selama mengajar
v     Menunjukkan kesungguhan dalam sikap kegiatan baik untuk tugas mengajar maupun kegiatan non-teaching lainnya
v     Memanfatkan, tempat dan keterampilan seoptimal mungkin dalam melaksanakan tugas – tugas latihan
v     Mengutamakan kesabaran dan kebiaksanaan serta menghindari perbuatan yang hanya di dasarkan atas dorongan – dorongan yang tidak terkontrol
v     Tidak melakukan kegiatan/tindakan yang merugikan citra lembaga maupun guru sebagai pendidik pada umumnya
v     Bersedia menerima pandangan, kritik dan saran – saran dari orang lain dengan lapang dada dan berusaha memanfaatkan pandangan, kritik dan saran tersebut untuk memperbaiki diri
v     Menunjukkan sifat – sifat rendah hati, sederhana, jujur, dapat dipercaya, menepati janji, hormat, tertib dan sifat – sifat positif yang lainnya yang dapat menjadi contoh atau diteladani oleh murid – murid
v     Memiliki sifat dan rasa tanggung jawab baik terhadap lembaga dan sekolah tempat berlatih maupun terhadap profesinya
v     Memperhatikan dengan baik tata tertib sekolah tempat latihan dan ikut beserta melaksanakan serta memeliharanya.
3.      Standar Penilaian siswa SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa.
  1. Apel pagi
v     Datang tepat waktu
v     Mengikuti apel pagi sampai selesai
v     Berbaris berdasarkan kelasnya
v     Mengikuti aba-aba ketua kelas
v     Mendengarkan penyampaian guru
  1. Tadarrus Al-Qur’an
v     Mengikuti tadarrus Al-Qur’an sampai selesai
v     Mengikuti tadarrus tepat waktu
v     Membaca Al-Qur’an dengan tartil
v     Menghafal surat/ayat berdasarkan ketentuan control hafal
  1. Shalat Berjamaah
v     Berwudhu dengan baik
v     Masuk mesjid dengan kaki tangan
v     Shalat tahiyatul mesjid
v     Melakukan shalat wajib dan sunnah secara tepat
v     Shalat tepat waktu (usahakan tidak masbuq)
v     Tidak menganggu ketertiban shalat berjamaah
v     Keluar mesjid dengan kaki kiri
  1. Kultum
v     Menyiapkan materi kultum sebelum tampil di prodium
v     Berlatih dirumah sebelum tampil
v     Materi kultum harus membahas ayat Al-Qur’an atau Hadist
v     Tampil denganpercaya diri
v     Membaca ayat Al-Qur’an dan Hadist yang tepat
  1. Sapaan
v     Memberi salam kepada guru dan teman setiap bertemu dengan cara yang baik
v     Ucapan salam diberikan kepada guru dan teman jarak maksimal 5 meter
4.      Standar penilaian perilaku dalam kelas
  1. Keaktifan dalam pembelajaran
v     Rajin bertanya
v     Sering menjawab
v     Memberi intruksi
v     Memberi ide/usul
v     Merespon semua pelajaran yang diberikan oleh guru
  1. kerapian dalam berpakaian
v     Kaki baju selalu dalam celana/ rok
v     Jilbab yang menutupi dada bagi perempuan
v     Memakai sepatu
v     Memakai pakaian sesuai dengan ketentuan
v     Kebersihan berpakaian
v     Keutuhan pakaian (tidak sobek)
  1. Kedisiplinana dalam menyelesaikan tugas
v     Menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru
Mengerjakan tugas sesuai perintah
v     Tugas di buat dengan rapi
v     Menyimpan tugas yang telah diperiksa dan hasil ulangan dalam folder
  1. Kesopanan
v     Berbicara dengan bahasa yang sopan
v     Bertingkah laku dengan cara yang sopan



KEGIATAN IV
Observasi Pelaksanaan mengajar Guru Pamong
   Nama Guru      : Amar Ma’ruf, S.Pd, M.Hum
   Kelas               : XI
Hasil observasi:
1.      Metode mengajar yang dipakai: Ceramah, Tanya jawab, Latihan dan Penugasan.
2.      Dari observasi pelaksanaan mengajar guru pamong itu saya  memperoleh manfaat sebagai berikut :
a.       Dapat mengetahui cara menentukan sikap sebelum memulai dan menutup pelajaran
b.      Mengetahui cara membuka, menyajikan dan menyimpulkan materi pelajaran.
No.
Cara Mengajar / kegiatan – kegiatan mengajar
Ya
Tidak
Ket
1.
Adanya ucapan selamt pagi / siang


2.
Adanya usaha guna mengatur siswa untuk siap menerima pelajaran


3.
Adanya apresiasi misalnya guru menanyakan hal-hal yang pernah diajarkan


4.
Dalam mengajar guru mengajukan pertanyaan – pertanyaan untuk menimbulkan aktivitas siswa



5.
Guru menggunakan alat peraga dalam pelajaran ini sehingga murid tertarik                                                         



6.
Guru tampak antusias sekali dalam mengajar


7.
Guru letaknya tidak pada satu tempat saja


8.
Suara guru jelas mudah ditangkap oleh siswa


9.
Guru menulis bagian – bagian pelajaran yang penting di papan tulis



10.

Guru memberikan pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru


11.
Guru memberikan contoh – contoh atau demonstrasi atau riao-pling untuk makin memperjelas pelajaran



12.
Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya


13.
Guru memberi tugas / latihan kepada siswa


14.
Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan inti-inti pelajaran, menyuruh sisiwa belajar, menertibkan siswa dan memberi salam




2.   Manfaat yang saya peroleh adalah saya bisa belajar bagaimana mengatasi siswa yang ribut dalam kelas dan bagaimana menyampaikan materi yang Susah tapi mudah dipahami oleh siswa.
a.       Kita dapat mengetahui metode yang digunakan guru pamong
b.      Dapat mengetahui cara memberikan motivasi belajar bagi siswa
            Selain itu manfaatnya adalah:
v     Dapat mengetahui cara menentukan sikap sebelum memulai dan menutup pelajaran
v     Mengetahui cara membuka, menyajikan dan menyimpulkan materi pelajaran
      3.   Kesan saudara terhadap cara mengajar guru pamong itu adalah:
Sangat menarik karena memberikan motivasi belajar pada siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar, dapat menanamkan konsep sesuai                            
dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Selain itu sangat menrik karena metode yang diterapkan sangat baik sehingga terjadi interaksi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.





KEGIATAN V
            Berkenalan dengan siswa dan menulis Nama – Nama siswa kelas tempat mahasiswa akan praktek dan membuat denanya.
1. Kelas VII B dan Nama-nama Siswa
No
No Stambuk
Nama Siswa
Jenis Kelamin
Keterangan
1
070801
Asriani. H
P

2
070802
Asyifah
P

3
070803
Dahniar
P

4
070804
Darmiati
P

5
070805
Dewi Sartika
P

6
070806
Ernawati
P

7
070807
Faridha. Z
P

8
070808
Fatmawati
P

9
070809
Hasna Jamal
P

10
070810
Hasna Hasan
P

11
070811
Intisar
P

12
070813
Isra Mirdayanti
P

13
070814
Jumriani
P

14
070815
Megawati
P

15
070816
Misrawati
P

16
070817
Muliati
P

17
070818
Nurjiah
P

18
070819
Nursyahidah
P

19
070820
Nusriana
P

20
070821
Rabaiyah
        P

21
070822
Rismawati
P

22
070823
Santi
        P
-
23
070824
Salvia Kahar
P

24
070825
St. Khadijah
P

25
070826
Suriani
P

26
070827
Surianti
P







 KEGIATAN VI

 Merencanakan program kegiatan praktek selanjutnya.
1.  Tugas – tugas itu meliputi:
      a. Tugas paraktek mengajar, minimal 8 kali yang terdiri dari :
v     Minimal 8 kali praktek mengajar
v     Satu kali evaluasi hasil belajar (tes sumatif)
v     Ujian praktek mengajar
c.       Tugas – tugas Non – teaching
v     Mengikuti apel setiap pagi
v     Membuat papan nama-nama setiap ruangan
v     Melaksanakan bimbingan belajar, mengidentifikasikan minat, cita – cita dan masalah yang dihadapi siswa.



KEGIATAN NON MENGAJAR
( N2 )


  No
  Nama Kegiatan
Keterangan
   1
  Apel Pagi
       Setiap Hari
   2
  Membuat Plakat/Papan Nama Ruangan
       Tugas Non Teaching
   3
  Rapat Mahasiswa PPL
       5 Kali
   4
  Rapat Mahasiswa PPL dan Pihak Sekolah
       3 Kali


Nilai ( N2 )   1,  2,  3,  4







DOSEN PEMBIMBING,                                                GURU PAMONG,



ASDIANA FAUSIAH, S.Pd                                   AMAR MA’RUF, S.Pd, M.HUM



































































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar